About Me

situs bandarq teraman

Kondisi Sel Mewah Setya Novanto dan Nazaruddin di Lapas Sukamiskin

Kondisi Sel Mewah Setya Novanto dan Nazaruddin di Lapas Sukamiskin
Kondisi sel mantan ketua DPR RI Setya Novanto (DebatBerita)

DebatBerita, Jakarta - Mediator Republik Indonesia masih menemukan berbagai macam fasilitas dalam sel yang dihuni Novanto dan Nazaruddin di pemasyarakatan (penjara) Sukamiskin.

"Jika konteks ruang untuk berkemas Novanto (Setnov) dan Nazaruddin, tampaknya hanya dinding berubah. Tempat tidur dan beberapa lemari besar, juga lantai di rupanya masih tersisa," kata Komisaris Ombudsman, Adrianus Meliala di penjara Sukamiskin, Bandung, seperti dilansir media.

Sebelumnya, sejak ditemukannya berbagai fasilitas mewah di sana, Sukamiskin penjara telah membuat serangkaian reformasi. Kamar belum dimodifikasi.

Namun, dalam sel pernah dihuni oleh mantan Ketua DPR dan mantan politisi Demokrat tetap menjadi perhatian. Ukuran ruangan itu penjara lebih luas. Sel juga dituduh dugaan simulator SIM korupsi, Djoko Susilo.

Setiap menempati ruang ukuran dua kali lipat dari sel-sel lain di penjara Sukamiskin.


Perubahan Sistem dan Renovasi



Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Liberti Sitinjak mengatakan proses pembaharuan Sukamiskin penjara telah mencapai 97 persen dan hasilnya akan dipresentasikan pada tanggal 31 Desember 2019.

Oleh karena itu, kata dia, masa depan tidak lagi menjadi milik situs istilah untuk tahanan. Menurut pihak Kemenkumham akan kembali ke evaluasi untuk menentukan penempatan sel tahanan.

"Kami perlu menjelaskan ini untuk mulai terjadi rehabilitasi pada bulan Oktober tidak ada hal seperti ruang Setnov, tidak ada hal seperti hidup Nazaruddin akan mengembalikan data, karena hal ini juga tidak ada jaminan bahwa harus ada kepercayaan hasil evaluasi, "kata Liberti.

Terkait dengan kamar yang luas, menurut review dari perlunya koordinasi dengan instansi warisan budaya. Sebab, kata dia, Sukamiskin penjara adalah salah satu bangunan bersejarah di Bandung.

Post a Comment

0 Comments