About Me

situs bandarq teraman

Dolar Diprediksikan Akan Naik Hingga Rp 14.400 per Dolar US

Dollar US yang akan diprediksikan akan naik 
DebatBerita, Jakarta - Dalam penyampaian Sri Mulyani Indrawati selaku Mentri Keuangan mengungkap bahwa nilai tukar Rupiah akan berada dikisaran Rp 14.400 per USD. Jumlah ini akan dipatok seiring dengan resiko volatilitas terlebih lagi yang berasal dari eksternal.

Apakah bisa jelaskan terkait yang diberikan BI mengenai kurs 14.400 per dolar AS. Tolong diberikan paparan untuk dapat kita pahami tentang implikasi kurs ini kepada APBN ," ungkap Anggota Komisi 11 Fraksi Gerindra harry P didalam Gedung DPR, Jakarta.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan, hal yang sama juga terjadi apabila target kurs diturunkan sebesar 100 per dolar AS dari target maka penerimaan akan naik sebesar Rp 4,6 triliun. Dengan pelemahan 100 per dolar AS, hal ini juga diiringi dengan kenaikan belanja sebesar Rp 3,4 triliun begitu pun sebaliknya.



Bukan Tentang Masalah Untung atau Rugi

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi paparan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung Nusantara II DPR, Kamis (31/5).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menegaskan, angka-angka tersebut bukan merupakan asumsi untung rugi tetapi merupakan bagian dari perhitungan postur anggaran APBN. "Itu bukan untung rugi tapi postur.

Kami akan bisa sampaikan bagaimana komponen belanja dan pendapatan dari hal ini. (Saya jelaskan) Supaya saya tidak terutang," tandasnya

"Kalau tadi disebutkan kursnya dari Rp 14.400 menjadi Rp 14.300 penerimaan kita akan turun Rp 4,66 triliun. Belanjanya akan turun Rp 3,4 triliun. Rp 3,4 triliun dari mana? Dari berbagai belanja dalam bentuk Dolar yang sekarang kebutuhannya lebih sedikit," jelasnya.

Post a Comment

1 Comments